Panduan

Selamat Datang di situs Blogger Reporter Indonesia. Sebuah komunitas blogger yang menitikberatkan pada pembuatan dan pendistribusian konten blog secara bertanggungjawab, dimana salah satu dasar pokoknya yaitu tidak boleh menggunakan akun samaran (anonim).

Situs www.bloggerreporter.org mengambil peran sebagai wadah agregasi yang menampung ringkasan tulisan blog dari anggotanya. Disini, Anda bisa bergabung dan ikut serta berbagi tautan tulisan berdasarkan kategori yang telah disediakan.

Dari mana harus memulai? berikut ini panduan sederhananya:

Apa saja syarat menjadi member bloggerreporter.org?
    • Mempunyai blog dengan status kepemilikan sendiri dan dikelola sendiri (bukan keroyokan)
    • Menyukai halaman BRID di Facebook (disini) dan mengikuti akun twitternya (@BR_ID)
    • Telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat & Ketentuan,  Kebijakan Privasi dan Pedoman Pemberitaan Media Siber yang berlaku dan diadaptasi di bloggerreporter.org.
    • Memasang badge Blogger Reporter Indonesia berikut ini di sidebar/widget blog dan di-hyperlink ke https://www.bloggerreporter.org:

Blogger_Reporter (standar)

 

Bagaimana caranya bergabung?
  1. Setelah 3 syarat tadi terpenuhi, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran DISINIMohon isi data dengan benar.
  2. Jika sudah mengisi formulir pendaftaran, silakan lakukan aktivasi melalui tautan yang dikirim secara otomatis ke email Anda.
  3. Langkah pertama setelah login, silakan percantik bagian profil dengan data yang jelas dan foto profil yang kece badai. Tidak hanya itu, Anda juga diizinkan memasang gambar sampul dengan ukuran tidak lebih dari 500KB.
  4. Kalau profil sudah oke, sekarang saatnya berbagi tautan artikel blog Anda. Pastikan artikel tersebut mempunyai relevansi dengan kategori yang telah kami sediakan.

Bagaimana caranya melakukan KIRIM URL?
  1. Copy tautan (URL/link) artikel blog Anda
  2. Klik menu KIRIM URL
  3. Paste pada kolom Paste URL
  4. Akan muncul keterangan “Tunggu sebentar, kami sedang mengambil konten dasar artikel Anda…”, sistem sedang bekerja (grab) mengambil konten dasar artikel Anda berupa Judul, Gambar Utama dan Ringkasan Artikel.
  5. Jika judul, gambar utama dan ringkasan artikel tidak berhasil diambil secara otomatis, atau tidak sesuai, atau gambarnya terlalu kecil, Anda dapat melakukan perubahan pada bagian judul, gambar utama dan ringkasan artikel secara manual.
  6. Pilih kategori yang sesuai
  7. Tambahkan beberapa tagar (label)
  8. Klik tombol KIRIM.

Secara teknis, proses KIRIM URL telah selesai. Namun, tidak serta merta kiriman Anda muncul. Kami akan memoderasi terlebih dahulu kiriman Anda untuk memastikan bahwa kiriman Anda layak dipublish. Beberapa hal yang menentukan kiriman Anda layak disetujui atau tidak yaitu (tapi tidak terbatas pada):

  1. Blog Anda memasang badge Blogger Reporter Indonesia
  2. Artikel Anda sesuai dengan kategori yang dipilih.
  3. Tidak melanggar syarat dan ketentuan.

Kenapa URL yang dikirim tidak kunjung muncul (lebih dari 1x24 jam)?
  1. Tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan. Silakan baca kembali syarat dan ketentuan.
  2. Tidak memasang badge Blogger Reporter Indonesia.
  3. Konten URL mengandung unsur politis, agama dan/atau berpotensi menimbulkan konflik SARA
  4. Sistem sedang dalam gangguan (namanya juga teknis).
  5. Admin sibuk/ketiduran/kelelahan/lagi ngapel.
  6. Paket internet adminnya habis.

Apakah layanan ini gratis?

Tentu saja. Tidak terpikir sedikitpun oleh kami untuk menarik iuran dari member bloggerreporter.org.

Bagaimana layanan ini bisa bertahan?

Kami tidak bisa menjamin layanan agregasi ringkasan konten di bloggerreporter.org ini akan bertahan selamanya. Tapi, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga agar layanan agregasi ini tetap hidup dan menjadi tempat yang nyaman bagi Anda untuk berbagi konten blog.

Tim dibalik aktivitas bloggerreporter.org bekerja secara sukarela. Kami berusaha dengan segala kemampuan yang ada, memanfaatkan waktu senggang diantara segala kesibukan, dengan biaya operasional (tidak termasuk kebutuhan pribadi) diambil dari dana kas Blogger Reproter Indonesia yang terkumpul dari donasi berbagai pihak.