Mencicipi Jajanan di Sukabumi dan Menikmati Marshmallownya Indonesia

0
364
Kue Mochi

Hello guys, kali ini kita akan jalan-jalan dan explore kekayaan kuliner nusantara di Jawa Barat. Tapi sebelumnya kita mau kasih clue dulu, kota yang akan kita jelajahi kulinernya adalah salah satu kota terkecil di Jawa Barat,namun kabupatennya termasuk salah satu kabupaten terbesar? Tebak kota apa hayo? Dilarang googling!

Yups, Sukabumi! Kota ini merupakan salah satu kota terkecil di Jawa Barat, luasnya tidak sampai 5O KM2 dan terbagi menjadi 7 kecamatan, yaitu Baros, Citamiang, Cibeureum, Gunungpuyuh, Lembursitu, Warudoyong dan Cikole. Buat kamu yang mau cari hotel atau penginapan di Kota Sukabumi di Cikole banyak tersedia hotel dengan beragam harga dan fasilitas, tinggal sesuaikan saja sama budget. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa coba ngecek ke situs booking online seperti  traveloka.com.

Berkunjung ke kota yang sempat mendapat julukan Kota Santri ini tentu tidak boleh ketinggalan mencicipi jajanan atau kulinernya. Berikut ini adalah beberap tempat jajanan di Sukabumi  yang wajib dikunjungi:

  1. Piscok Cakra

Warungnya memang kecil, tapi pembelinya rame banget! Padahal warung ini baru buka pukul 18.00 dan tutup pukul 23.00, tapi setiap malam tempat wisata kuliner yang satu ini ramai dikunjungi pengunjung. Mayoritas pengunjungnya anak muda, soalnya tempatnya asik buat nongkrong. Kamukasi tempat wisata kuliner ini berada di Pelataran Parkir Toserba Tiara Sukabumi.

Menu favorit tentunya pisang coklat. Namun, tersedia beberapa pilihan ukuran dan rasa tentunya. Ada piscok keju porsi kecil sampai porsi besar. Mau yang original juga ada dari porsi kecil sampai porsi besar. Harganya juga cukup murah gaes untuk porsi besarnya saja tidak sampai Rp50.000. Makan piscok sambil ngopi itu makin mantap! Kamu bisa pesan kopi juga di warung atau kedai Piscok Cakra. Mengisi waktu malam hari dengan berkunjung ke tempat ini bersama teman-teman nongkrong sambil makan Piscok Cakra dan ngopi, nikmat terasa Beda!

Oh ya, buat kamu yang mau bawa pulang kuliner ini juga bisa banget. Cobain deh ketika sampai rumah kemudian simpan Piscok Cakra di lemari es dan santap ketika dingin dan beku. Sensasinya beda banget dan yang pasti enaknya nendang!

Piscok Cakra
Piscok Cakra (Sumber:  abowlofclover.com)
  1. Bandros Atta

Jajanan lainnya di Sukabumi yang tidak boleh dilewatkan adalah Bandros Ata. Kue ini tradisional khas Sukabumi, meskipun di kota-kota besar atau daerah lain sudah sering ditemui kue yang satu ini, tapi menikmati jajanan khas langsung dari daerah asalnya tentu beda rasa, gan! Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1970an. Nama Atta itu sendiri diambil dari penjual Bandros dulu, Mbah Atta.

Jika ingin mencicipi jajanan legendaris yang satu ini kamu harus berkunjung ke Jalan Gudang Nomor 4 sebelum lampu merah menuju Jalan Baros. Resep jajajanan ini sudah turun menurun, dan sekarang sudah sampai generasi ketiga.  Biasanya sih kalau resepnya turun menurun itu citarasa dan kelejatannya sudah khas, resep rahasia Kraby Paty kata Spongebob saja enak apalagi Bandros Atta!

Bandros Atta menyediakan berbagai macam varian rasa seperti vanilla, cokelat, strawberi dan keju. Selain kue Bandros, menu favorit yang dijual di kedai ini adalah telur setengah matang. Cocok buat kamu yang butuh ramuan! Hahaha. Kopi, teh dan minuman lainnya juga dijual di kedai ini buat jadi pelengkap menikmati Bandros Atta.

Untuk harga makanan dan minuman di kedai ini, kamu gak usah khawatir. Gak lebih dari Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati menu favorit disini. Murah kan? Murah banget! Oh ya makan Bandros Atta cocoknya malam hari guys, apalagi kalau ditemenin si cinta (uhuk!), makin manis deh tuh Bandros.

Bandros Atta
Bandros Atta (Sumber: sukabumipedia.com)

 

  1. Marshmallownya Indonesia, Mochi!

Mungkin kamu ada yang bingung, marshmallownya Indonesia apa sih? Nih kita kasih tahu ya, marshmallownya Indonesia ya kue mochi. Penyebutan ini not official guys, tapi  lebih karena bentuk dan teksturnya aja mirip, kenyal-kenyal gimana gitu. Salah satu tempat yang menjual mochi khas Sukabumi adalah Mochi Kaswari Lampion yang ada di Jalan Bhayangkari Gang Kaswari, Sukabumi.

Usaha kue mochi ini juga sudah cukup lama digeluti, yaitu sejak tahun 1983 sampai dengan sekarang. Varian rasa kue mochi yang tersedia di tempat ini juga cukup banyak, ada rasa vanilla, pisang ambon, durian, blueberry, cokelat, melon, keju dan strawberry. Kalau untuk isinya semua sama isinya kacang tanah manis. Semanis kamu! 😛

Yang unik dan membedakan kue mochi ditempat ini adalah rasa mochinya yang memiliki tekstur kekenyalan yang pas dan lembut dimulut, maknyuss! Jajanan ini cocoknya buat dijadikan oleh-oleh, harganya perkotak juga gak mahal kok, gak sampai Rp10.000 dan isi satu kotak 10 kue mochi. Lumayanlah untuk nyemil. Oh ya, jajanan ini tahan maksimal 4 hari ya. Jadi habis dibeli harus segera dimakan.

Kue Mochi
Kue Mochi (Sumber: gastronesia.com)

Itulah beberapa jajanan khas kota Sukabumi yang wajib kamu cicipi dan bawa pulang untuk oleh-oleh. So, tetap sehat biar bisa tetap makan-makan, See You! (adv/adv)

Mencicipi Jajanan di Sukabumi dan Menikmati Marshmallownya Indonesia
5 (100%) 1 vote

LEAVE A REPLY